Cara Setting 5 LNB untuk 1 Receiver


Satelit mania, kali ini kami berikan tutorial singkat bagaimana cara mensetting 5 LNB yang digunakan untuk 1 receiver. 5 LNB yang dimaksud bisa saja saja dipasang dalam 1 dish / payung parabora atau juga terpisah dipasang dibeberapa dish, yang pasti disini difokuskan terhadap penggunaan 5 LNB tersebut. Selain itu 5 LNB tersebut pun bisa dikombinasikan dari beberapa jenis LNB antara C-Band, KU-Band dan S-Band.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan? Agar settingan dapat dilakukan, maka yang perlu dipersiapkan adalah seperangkat/beberapa dish, 5 buah LNB (C-Band/KU-Band atau S-Band), 1 Buah DiseQc 4x1, 1 Buah Switch 22K, Kabel Jumper dan tentunya terakhir adalah receiver.

Panduan Cara Setting 5 LNB untuk 1 Receiver

Bila kita lihat perlengkapan diatas, kita memerlukan 1 buah DisEqC 4x1 dan 1 buah Switch 22K. Untuk DisEqC 4x1 tentu kita sudah mengetahuinya, yaitu berfungsi untuk membagi port in LNB sebanyak 4 buah, dan 1 buah switch 22K adalah disini berfungsi menambah 1 buah LNB yang nantinya dimasukan/diinput ke port LNB salah satu DiSeQc 4x1. Singkatnya 3 LNB langsung menuju ke DiSeQc 4x1 dan 2 LNB menuju Switch 22K dan diteruskan ke DiseQc 4x1.

Untuk silahkan skema penggunaan 5 LNB untuk 1 receiver berikut ini :

Cara Setting 5 LNB untuk 1 Receiver

Untuk 2 LNB yang menuju switch 22K mana settingan menu pada receiver harus menggunakan port LNB yang sama namun mensetting 22K yang berbeda (On dan Off).

Sebagai ilustrasi saja bila penggunaan untuk satelit Measat 3 dan Satelit Insat 3A seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara Setting 5 LNB untuk 1 Receiver


Cara Setting 5 LNB untuk 1 Receiver

Penggunaan 5 LNB untuk satu receiver sebenarnya juga bisa hanya menggunakan 1 buah DiseQc yaitu mengunakan DiseQc 6x1, DiseQc 8x1 atau yang lebih besar lagi (sesuai kebutuhan). Dan ini tidak memerlukan switch tambahan, namun yang perlu diperhatikan dalam pengaturan pada receiver adalah opsi port LNB yang digunakan adalah pada DiSEqC1.1 bukan DiSEqC1.0.

Baca juga: Panduan Cara Setting 6 LNB untuk 1 Receiver

Demikian artikel dengan judul cara setting 5 LNB untuk 1 receiver ini kami publish. Sekian, semoga bermanfaat.


No comments

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.