Sejarah Televisi dan Perkembangannya


Televisi atau TV adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari bahasa yunani yaitu "tele" (jauh) dan "visio" (penglihatan) dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.

Sejarah Televisi ada masa awal perkembangannya, televisi menggunakan gabungan teknologi optik, mekanik, dan elektronik untuk merekam, menampilkan, dan menyiarkan gambar visual. Bagaimanapun, pada akhir 1920-an, sistem pertelevisian yang hanya menggunakan teknologi optik dan elektronik saja telah dikembangkan, di mana semua sistem televisi modern menerapkan teknologi ini. Walaupun sistem mekanik akhirnya tidak lagi digunakan, pengetahuan yang didapat dari pengembangan sistem elektromekanis sangatlah penting dalam pengembangan sistem televisi elektronik penuh.

Gambar pertama yang berhasil dikirimkan secara elektrik adalah melalui mesin faksimile mekanik sederhana, (seperti pantelegraf) yang dikembangkan pada akhir abad ke-19. Konsep pengiriman gambar bergerak yang menggunakan daya elektrik pertama kali diuraikan pada 1878 sebagai "teleponoskop" (konsep gabungan telepon dan gambar bergerak), tidak lama setelah penemuan telepon. Pada saat itu, para penulis fiksi ilmiah telah membayangkan bahwa suatu hari nanti cahaya juga akan dapat dikirimkan melalui medium kabel, seperti halnya suara.

Penemu Televisi
John Logie Baird adalah seorang insinyur penemu tv asal Skotlandia. Dia adalah anak bungsu dari keempat saudaranya. Sebagai anak laki-laki masa kecilnya terbilang kerap bereksperimen dengan alat elektronik. Baird pernah mengenyam pendidikan sebagai mahasiswa teknik di Universitas Glasgow dari 1914 hingga 1915, hingga akhirnya diberhentikan dari masa studinya. John Logie Baird berhasil menunjukan cara pemancaran gambar-bayangan bergerak di London pada tahun 1925, diikuti gambar bergerak monokrom pada tahun 1926.

image by mainthebest // john logie baird

Pada tahun 1927, Baird juga menemukan sistem rekaman video pertama di dunia, yaitu "Phonovision", yaitu dengan memodulasi sinyal output kamera TV-nya ke dalam kisaran jangkauan audio, dia dapat merekam sinyal tersebut pada cakram audio 10 inches (25 cm) dengan menggunakan teknologi rekaman audio biasa.

Pada tahun 1936, untuk pertama kalinya olimpiade Berlin disiarkan ke stasiun televisi di Berlin dan Leipzig di mana masyarakat umum dapat menyaksikan setiap perlombaan langsung. Ini tidak terlepas dari seorang Philo T. Farnsworth ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat yang mengembangkan televisi modern pertama saat berusia 21 tahun yaitu berupa gagasannya tentang image dissector tube menjadi dasar kerja televisi.

Dengan demikian, dunia mulai berkenalan dengan alat komunikasi secara visual. Perkembangan Televisi pun sangat pesat. Teknologi yang digunakan pada televisi saat ini berbeda jauh dengan televisi saat pertama kali ditemukan, meskipun memiliki metode dasar yang sama.

Berikut ini adalah perkembangan televisi dari masa ke masa.

Televisi Tahun 1940an

Televisi Tahun 1950an

Televisi Tahun 1960 sd 1970an

Televisi Tahun 1980an

Televisi Tahun 1990an

Televisi Tahun 2000an sampai dengan sekarang
Jenis TV CRT

Jenis TV LCD

Jenis TV LED

Jenis Smart TV LED

Semoga bermanfaat..


No comments

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.